Kamis, 13 Februari 2014

20 Nov 2013

Fatima Mangre was married to Arjun Bakridi when she was just four, but when her husband came to collect her four years later her father realised it was wrong and refused
Fatima Mangre was married to Arjun Bakridi when she was just four, but when her husband came to collect her four years later her father realised it was wrong and refused

 dailymail
   
     
Fatima Mangre dari  India menjadi janda termuda didunia. Usianya baru 8 tahun ketika dia memutuskan bercerai dengan suaminya.

Surat khabar the Daily Mail melaporkan, Rabu 20 November, Mangre berkahwin di usianya    empat tahun. Gadis dari   Uttar Pradesh ini mendapat dukungan dari ayahnya, Anil. "Saya menyedari kesalahan mengahwini anak di usia muda suatu kesalahan. Saya ingin dia menunggu sekurang-kurangnya berumur 18 tahun," kata Anil.

Lelaki itu juga tidak ingin  anaknya terenggut masa kanak-kanaknya dan tugas orang tuanya menyediakan itu. Namun pihak besan Anil bernama Arjun Dipak, ayah dari Arjun Bakridi suami Mangre tidak menyenangi keputusan ini. Hubungan keduanya menjadi panas dan terjadi pertelingkahan ketika Anil mewakili puterinya menuntut cerai.

Sementara Suruhanjaya Nasional untuk Hak wanita beralamat di Ibu Kota New Delhi melalui juru cakapnya Nirmala Samant mengatakan bakal meneliti kes perceraian kontroversial itu sebelum melakukan tindakan. "Ini skandal tidak main-main. Kami perlu tahu latar belakang kes ini sebelum mengambil tindakan selanjutnya. 

Bapak Mangre patut menjawab kenapa  bersetuju menikahkan anaknya ketika usia kanak-kanak itu empat tahun dan ayah dari Dipak juga kena  jawab kenapa ketika itu menginginkan Magre dan kini menuntutnya," Samant menuliskan dalam surat pernyataan.
Ayah Magre mengatakan dia sudah mengakui kesalahan. Dia menikahkan puterinya ketika usianya empat tahun sebab tekanan sosial di desanya. Sementara Bakridi, suami Magre tidak tahu dimana keberadaannya.
Menurut Pertubuhan Bangsa-Bangsa Bersatu khusus menangani masalah kenak-kanak (UNICEF) lebih dari 32.9 peratus anak-anak India sudah menikah di bawah usia 18 tahun, bahkan 22.1 peratus menikah di usia kanak-kanak.

Categories: , , , , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!